Trend Produksi Usaha Pupuk Enceng Gondok di PT. Maharani Lamongan… (67)


Dewasa ini orang mengenal barang-barang dan jasa yang beraneka ragam macamnya untuk memenuhi kebutuhannya. Barang-barang dan jasa-jasa diproduksi untuk memenuhi kebutuhan manusia. Produksi barang-barang dan jasa-jasa tersebut menggunakan faktor-faktor produksi alam, tenaga kerja, modal dan teknologi. Pada hakikatnya proses produksi merupakan cara, metode, teknik pelaksanaan produksi dengan memanfaatkan faktor-faktor produksi. 

Pemenuhan kebutuhan petani yang dirasakan semakin langka sehingga memacu perusahaan khususnya bagian produksi untuk menghasilkan pupuk organik yang semaksimal mungkin dan harga yang relatif murah tanpa mengurangi mutu produk, hal ini diperlukan pengaturan didalam manajemen dan produksi. Sedemikian pentingnya pelaksanaan manajemen dan produksi bagi perusahaan, maka diperlukan sumber daya manusia yang profesional, terampil,dan memiliki kemampuan kerja yang baik untuk melaksanakan fungsi dan tugas dari manajemen.
Pada dasarnya bahwa manajemen produksi akan mengatur penggunaan faktor-faktor dari produksi yang ada, tenaga kerja, mesin-mesin dan perlengkapan sedemikian rupa sehingga proses produksi dapat berjalan secara efektif dan efisien.
Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana trend jumlah produksi dan penjualan pupuk enceng gondok pada bulan mendatang, 2) Bagaimana manajemen produksi pupuk enceng gondok di Lamongan, 3) Bagaimana manajemen pemasaran pupuk enceng gondok di Lamongan.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan proses produksi pupuk enceng gondok, 2) Untuk mendeskripsikan proses pemasaran pupuk enceng gondok, 3) Untuk mengetahui trend produksi dan penjualan pupuk enceng gondok di PT. Maharani. 

Penelitian ini dilakukan di PT.Maharani Lamongan dengan pertimbangan daerah tersebut termasuk daerah yang memiliki poensi berupa sumber daya alam untuk pembuatan dan pengembangan pupuk enceng gondok. Metode pengumpulan data menggunakan data sekunder yaitu data time series produksi pupuk enceng gondok dari tahun 2003-2005 yang diperoleh dari PT. Maharani Lamongan. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisa deskriptif untuk menjelaskan mengenai manajemen produksi dan manajemen pemasaran, sedangkan untuk meramalkan jumlah produksi dan harga pupuk enceng gondok digunakan analisa trend linier. 
Hasil dari penelitian ini adalah pada produksi mempunyai trend positif dengan persamaan regresi Y= 163798,5 + 984,6x yang berarti produksi cenderung meningkat rata-rata sebesar 984,6 Kg dalam setiap bulan, sedangkan penjualan persamaan regesinya Y= 157191,9 + 1181,8x yang mempunyai trend positif yang berarti penjualan meningkat rata-rata sebesar 1181,8 Kg tiap bulan. Dalam hal penyediaaan bahan baku PT. Maharani khususnya kotoran ternak bekerjasama dengan asosiasi peternak, petani Lamongan sedang enceng gondok melalui program kali bersih (Prokasih), bahan baku berupa batuan alam diperoleh dari pegunungan kapur yang ada di Lamongan. 
Pemasaran pupuk ini di P.Jawa meliputi Lamongan, Bojonegoro, Tuban, Gresik, Mojokerto, Ngawi, Probolinggo, Blora, Tegal, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, untuk di luar P.Jawa meliputi Jambi dan Kalimantan. Saluran distribusi yang oleh PT. Maharani adalah direct selling dimana perusahaan menjual produknya langsung kepada konsumen dan menggunakan perantara selles dan agen pertanian. Promosi yang dilakukan melalui media cetak yaitu radar Bojonegoro, radar Lamongan, media elektronik yaitu radio-radio lokal dan melalui pembagian brosur melalui dinas pertanian dan kehutanan

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: