Strategi Pengembangan Usaha Jamur Merang Pada Kelompok Tani Mancilan Purworejo … (108)


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor Internal dan Eksternal Kelompok Tani Mancilan serta menyusun strategi bagi pengembangan usaha jamur merang di Kelompok Tani Mancilan Purworejo.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriktif yang dilaksanakan untuk mencari informasi guna mengevaluasi faktor internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap pengembangan jamur di kelompok Tani Mancilan. Data yang diambil adalah data primer dengan teknik Interview menggunakan kuesioner dan data skunder yaitu data yang diolah dan disajikan oleh pihak lain. 

Analisis data yang dilakukan adalah Analisis SWOT.
Berdasarkan Analisis SWOT yang telah dilakukan diperoleh hasil skor IFAS 3,08 dan skor EFAS 2,77 maka diperoleh koordinat strategi kelompok pada strategi SO, sehingga digambarkan bahwa strategi SO memanfaatkan kekuatan dan peluang kelompok yaitu :
a. Memanfaatkan kekuatan modal, teknologi proses produksi, tenaga kerja, perbaikan kualitas jamur dana manajemen kelompok dalam pengembangan usaha jamur merang melalui kemitraan dengan petani pengusaha jamur merang untuk peningkatan produksi jamur merang dalam memenuhi pasar ekspor.
b. Mengadakan pengolahan produk jamur menjadi makanan siap saji berupa kripik jamur, hamburger, jus jamur dan mendirikan rumah makan dengan makanan khas jawa menggunakan bahan dasar jamur merang diharapkan dapat memperpendek mata rantai pemasaran dan memperkecil resiko pemasaran jamur merang di pasar lokal 

Berdasarkan pada butir-butir di atas maka dapat disarankan bahwa strategi pengembangan jamur merang yang dapat dilaksanakan oleh Kelompok Tani Mancilan adalah mengatasi persaingan pasar dengan segmentasi pasar dan sekaligus menentukan target pasar yang akan dimasuki, melakukan promosi yang tepat, efisien, menambah dan memperbaiki saluran distribusi. 
Merebut dan meraih peluang pasar dengan melakukan diferensiasi produk dengan cara menciptakan produk olahan jamur yang inovatif, memperbaiki merk, brand image, packaging dan labeling serta meningkatkan teknologi pengolahan dengan menggunakan alat-alat yang lebih modern. Meningkatkan nilai-nilai pemasaran dengan menaikkan harga sebatas harga pesaing, memperbaiki dan meningkatkan pelayanan terhadap konsumen dan menjaga kualitas produk. 
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini
  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: