Strategi Pengembangan Tanaman Jati (Tectona Grandis Linn) Dengan Pola Agribisnis Hutan Rakyat Di Ds Pamatan Kec Tongas Kab Probolinggo … (103)


Penelitian dilaksanakan di desa Pamatan Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui saluran pemasaran kayu jati, mengetahui margin pemasaran kayu jati dan mengetahui kinerja pemasaran kayu jati di Desa Pamatan Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo. 

Hasil penelitian tanaman jati di desa Pamatan Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo dapat disimpulkan bahwa saluran pemasaran kayu jati di Desa Pamatan Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo adalah petani (Produsen), pedagang pengepul dan konsumen (Pabrik) margin pemasaran kayu jati di Desa Pamatan Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo di tingkat petani sebesar Rp. 2.500.000,- dan di tingkat pengepul Rp. 3.000.000,- pengepul menjual ke pabrik Rp. 3.500.000,- ini untuk golongan kayu jati kelas A3. kinerja pemasaran kayu jati di desa Pamatan kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo dikatakan sudah efisien, walau masih ada yang belum efisien seperti dana promosi, jumlah pembeli yang sedikit (cenderung monopoli) dan penentu harga oleh pedagang pengepul. Efisiensi sudah tercapai dengan share harga sebesar 75 % (lebih besar 40 %). 

Dari kesimpulan diatas dapat disarankan bahwa untuk memperoleh keuntungan dari efisiensi dalam pemasaran kayu jati perlu diusahakan, petani perlu mencari pasar lain, tidak harus ke pengepul, sehingga harga bisa kompetitif.

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: