Implementasi Program Akselerasi Peningkatan Produktivitas Gula Nasional Terhadap Strategi Pengembangan Agribisnis Pergulaan…(76)


Berdasarkan kajian secara struktural, industri gula menghadapi permasalahan baik eksternal, yang berkaitan dengan kebijakan pergulaan yang tidak kondusif, dan faktor internal, yang berkaitan dengan rendahnya produktivitas. Kedua permasalahan utama tersebut mengakibatkan industri gula nasional menjadi tidak efisien dan berdaya saing yang rendah. Situasi dan hal-hal tersebut di atas, mendorong dicanangkannya Program Akselerasi Peningkatan Produktivitas Gula Nasional (PGN) 2002–2007. Implementasi Program Akselerasi Tahun Anggaran 2005 meliputi kegiatan : bongkar ratoon; konsolidasi dan pengembangan areal tebu; pembangunan kebun bibit secara berjenjang; pemberdayaan petani; diseminasi teknologi pemupukan dan irigasi. 

 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh : (a) kondisi internal dan ekternal Program Akselerasi Peningkatan PGN terhadap pengembangan agribisnis pergulaan (b) Implementasi Program Akselerasi Peningkatan PGN terhadap strategi pengembangan agirbisnis pergulaan di wilayah kerja PG.Wonolangan.
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk : (a) Evaluasi bagi Pemerintah dan Pabrik Gula untuk penyempurnaan pelaksanaan Program Akselerasi PGN pada periode selanjutnya (b) Sarana informasi dan wawasan bagi pelaku bisnis pertebuan, baik dari aspek sosial, ekonomi maupun penelitian selanjutnya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian diskriptif (decriptif research), yaitu penelitian yang tidak menguji hipotesa (non hipotesa), sedangkan teknik pengambilan sampel adalah dengan dengan Metode “Purposive Sampling” dari petani yang tersebar di seluruh wilayah PG. Wonolangan.Untuk mengetahui Implementasi Program Akselerasi Peningkatan PGN terhadap strategi pengembangan agribisnis adalah dengan menggunakan analisa SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats), melalui penggunaan Matriks Eksternal-Internal. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Implementasi Program Akselerasi Peningkatan Produktivitas Gula Nasional dapat menstimulus strategi pengembangan agribisnis pergulaan di wilayah kerja PG. Wonolangan, pada matriks eksternal-internal berada pada kuadran V, yakni “strategi pertumbuhan dan stabilitas profit” melalui integrasi horizontal, dan pada diagram analisa SWOT terletak pada Kuadran 1 yakni “mendukung strategi agresif”. 
Implementasinya dari strategi tersebut adalah : (a) memperkuat kemitraan dengan petani besar (pemasok) yang mempunyai jaringan yang kuat dengan petani kecil (pemilik lahan),(b) pengembangan areal utamanya Tebu Sendiri di lahan historis dan sentra bahan baku dengan optimalisasi masa tanam dan pengelolaan sesuai baku teknis,(c) penyediaan kredit dan sarana produksi tepat sasaran,(d) upaya penggalian nilai tambah (diversifikasi). 
Dalam mendukung strategi di atas disarankan : (a) upaya efisiensi dan cost leadership di bidang on farm dan off farm,(b) peningkatan dan optimalisasi kapasitas giling,(c) percepatan ekstensifikasi dan intensifikasi,(d) pemberdayaan lembaga petani dalam mendukung usaha tani tebu dan kestabilan harga gula. 
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini
  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: